Senin, 07 November 2011

ETIKA DAN ETIKET


Pengertian etika
Berawal dari filsafat yunani, yang dimulai dengan filsafat alam. Dilanjutkan dengan filsafat manusia. Pembahasan tentang manusia berkembang dari konteks keberadaannya, dan mulai mempertanyakan bagaimana manusia harus hdup agar hidupnya baik (Filsafat Moral). Sebagai filsafat, etika bertanya tentang yang harus atau tidak boleh dilakukan, tentang yang baik dan yang buruk untuk dilakukan. Secara etimologis ‘ethos’(yunani) = adapt kebiasaan; cara bertindak. Sebagai ilmu : refleksi kritis, metodis dan sistematis tentang tingkah laku manusia. Sifat fisiologisnya : melampaui data daktual. Bertanya tentang yang harus dan tidak boleh, yang baik dan yang buruk.
Etik atau ethics berasal dari bahasa Yunani : “etos” yg berarti adat, kebiasaan, perilaku atau karakter Menurut kamus Webster etik adalah suatu ilmu yg mempelajari tentang apa yang baik dan buruk secara moral Etika : ilmu tentang kesusilaan yg menentukan bagaimana sepatutnya manusia hidup didlm masy yg menyangkut aturan-aturan atau prinsip-prinsip yg menentukan tingkah laku yg benar, yaitu :  Baik & buruk  Kewajiban & tanggungjawab .
 Ahli filosofi : etika sebagai suatu studi formal tentang moral  Ahli sosiologi : memandang etika sebagai adat istiadat, kebiasaan dan budaya dlm berperilaku  Dokter : memenuhi harapan profesi dan masyarakat serta dapat melakukan kegiatan yg spesifik thd pasiennya  Perawat : etika adalah suatu pedoman yg digunakan dalam pemecahan masalah/ pengambilan keputusan etis baik dlm area praktik, pendidikan, administrasi maupun penelitian
Etika adalah  ilmu yang mempelajari nilai moral, yg menjadi prinsip dan kode tindakan yang ideal  Etika merupakan peraturan dan prinsip bagi perbuatan yang benar  Etika memberi keputusan tentang tindakan yg diharapkan benar, tepat atau bermoral.


Tujuan mempelajari etika
tujuan mempelajari etika Untuk mendapatkan konsep yang sama mengenai penilaian baik dan buruk bagi semua manusia dalam ruang dan waktu tertentu pengertian baik Sesuatu hal dikatakan baik bila ia mendatangkan rahmat, dan memberikan perasaan senang, atau bahagia (Sesuatu dikatakan baik bila ia dihargai secara positif) pengertian buruk Segala yang tercela. Perbuatan buruk berarti perbuatan yang bertentangan dengan normanorma masyarakat yang berlaku.
Fungsi Etika
Memberi orientasi kritis dan rasional dalam menghadapi pluralisme moral, yang diakibatkan oleh :
  • Adanya aneka pandangan moral.
  • Adanya gelombang modernisasi.
  • Munculnya bebagai ideologi.

Tugas pokok etika mmepelajari norma-norma yang dianggap berlaku.
Mempersoalkan hak dari setiap lembaga normatif.
Mengarahkan orang untuk :
  • Kritis dan rasional.
  • Percaya pada diri sendiri.
  • Bertindak sesuai yang dapat dipertanggung jawabkan secara moral.

Persamaan Etika dan etiket
v  Keduanya menyangkut perilaku manusia.
v  Keduanya mengatur perilaku manusaia secara normatif
Perbedaan Etika dan etiket
Ø  Etiket menyangkut cara, etika menyangkut boleh atau tidak boleh suatu tindakan dilakukan.
Ø  Etiket berlaku dalam pergaulan. Etika tetap berlaku, dengan atau tanpa kehadiran orang lain.
Ø  Etiket lebih bersifat relatif, etika lebih bersifat absolut
Ø  Etiket : penampilan lahiriah, etika penampilan batinia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALIRAN-ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN

BAB I PENDAHULUAN 1.     Latar belakang Terdapat banyak alasan untuk mempelajari filsafat pendidikan, khususnyaapabila ada pertanyaa...